Toyota Agya Selesai Uji Tipe

Meski regulasi program mobil murah atau Low Cost and Green Car (LCGC) belum keluar, tapi proses pengajuan Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) mobil Toyota Agya ke Direktorat Industri Alat Transportasi Darat, Kementerian Perindustrian tetap dilakukan.

Statusnya pun S atau Selesai. Dan artinya ini pertanda mobil mesin 1.000 cc tersebut siap diluncurkan secara resmi di Indonesia.

Dikutip dari situs TPT Kemenperin pengajuan uji tipe kendaraan diajukan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada 7 Desember 2012. ADM mengajukan beberapa model Agya yakni Agya 1.0 E M/T, 1.0E A/T, 1.0G A/T, dan 1.0G M/T.

Seperti diketahui, si kembar mobil murah merek Toyota dan Daihatsu yakni Agya dan Ayla tengah menunggu proses regulasi mobil murah dikeluarkan pemerintah.

Baik Toyota Agya dan Daihatsu Ayla memiliki mesin kapasitas 1.000 cc 3 silinder. Mesin itu dipadukan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Keduanya mobil tersebut adalah hasil kerjasama kedua perusahaan layaknya Avanza dan Xenia serta SUV Rush dan Terios.

Kedua (Toyota Agya dan Daihatsu Ayla) mobil tersebut dibanderol relatif terjangkau. Jika tidak ada perubahan keduanya dibanderol di bawah Rp 130 juta.

Agya dan Ayla memiliki dimensi yakni PxLxT (3.580 mm, 1.600 mm, 1.530 mm) dan wheelbase 2.730 mm dan radius putar 4,4 meter. Dan untuk Toyota Agya TRD-S tersedia SRS Airbag.

Agya Akan Segera Meluncur

Begitu regulasi Low Cost and Green Car (LCGC) lahir, pabrikan yang akan bermain dan sudah siap dengan mobil murah bakal segera meluncurkannya untuk pasar otomotif nasional.

Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), Johnny Darmawan, mengatakan kalau pemerintah mengeluarkan regulasi itu di bulan ini maka Toyota sudah sangat siap dengan mobil murahnya, yakni Agya.

"Kita (Toyota) tinggal menunggu peraturannya saja," ungkap Johnny kepada detikOto.

Lebih jelas menurut Johnny, begitu pemerintah mengeluarkan regulasi mobil murah, Toyota akan langsung siap memproduksi dan meluncurkannya untuk pasar otomotif Indonesia.

"Begitu regulasi itu keluar, Agya langsung kami (Toyota) produksi. Kami tidak ingin berlama-lama," tegasnya.

Dalam memproduksi mobil murah Agya, Toyota tidak akan berlama-lama, karena pasar sudah banyak yang menanti kehadiran mobil murah yang merupakan kolaborasi antara Astra-Toyota dan Daihatsu itu.

"Kita tidak akan menunggu 1 atau 2 bulan. Pokonya begitu regulasi itu lahir, besoknya kami akan langsung produksi dan meluncurkannya," tutup Johnny sambil tersenyum.

Apalagi Toyota Agya sudah selesai uji tipe di Kementerian Perindustrian.

*Source : DetikOto

Untuk Info dan Pemesanan, Hubungi :
GERI
087871854243
081281744455
PIN BB : 22A5BFB6
Email : toyota.banten@gmail.com

Consultant in Choosing your Vehicles
- New Car
- Trade In
- Leasing
- Insurance
- Claim Insurance
- Car Accesories

0 komentar:

Poskan Komentar